Langsung ke konten utama

8 TIPS MERAWAT BUKU

Haiii, bookworms! Welcome back to my blog, YEAAY *apasih

Aku balik lagiii setelah hampir 2 bulan enggak nge-blog, kali ini aku gak akan nge post tentang review buku, tapi aku bakal kasih tips ke kalian tentang cara ngerawat buku biar lebih awet. Kalian pasti gak mau kan, kalo buku kesayangan kalian jadi jelek? gak kan? makanya yuk simak ;)


p.s : beberapa diambil dari google.


1.) Lemari Buku / bookshelf





Menurut aku, ini yang paling penting. Kenapa? Karena buku itu harus disusun dengan rapih, jangan sampe kececer dimana mana, ini dari pengalaman aku yaa, waktu aku belum pake lemari buku ini, buku aku kececer dimana mana, bahkan sampe ada yg kelipet-lepit gitu cover nya :( sedih kalo diliat mah... 

Untuk lemari buku, kalian bisa beli di toko-toko meuble, pasti jual *yaiyalah* gak perlu lemari buku yang MAHAAAL, lemari buku yang murah udah lumayan lohh, Aku beberapa bulan yang lalu beli lemari buku di toko meuble daerah rumah ku, harga nya cuma 600K dan rak nya lumayaaan banyak, bisa kalian cek di gambar atas, lemari buku aku persis kayak gitu, merk nya activ. Lemari buku kayak gitu dengan harga 600K lumayan murah loh.


2.) Beri Sampul

Kamu gak mau kan, buku kamu kotor? makanyaa pake sampul hehe, untuk sampul buku sendiri, dianjur kan menggunakan plastik bening agar cover depan nya terlihat. Sampul jangan terlalu tipis agar tidak mudah sobek. Saat kalian sedang menyampuli buku kalian, diusahakan jangan terlalu ketat dan jangan terlalu longgar agar cover buku tetap awet. Kerugian memaika sampul adalah jika difoto cahaya akan memantul ke kamera, jadi untuk para bookworms yg suka me-mptret buku, diusahakan memotret buku sebelum disampuli.


3.) Susun Buku dengan Cara Berdiri

Hal ini untuk menghindari kerusakan jilid buku dan cover-nya apabila ditumpuk. Tapi untuk hal ini, tidak menjadi masalah besar kok

4.) Taruh Kamper pada rak buku dan rutin membersihkan nya.

Kamper sangat dibutuhkan untuk menjauhkan serangga dari buku-buku kalian, karen kertas dari buku terbuat dari kayu yang dapat mengundang para serangga seperti rayap.

5.) Beri Cahaya yang pas.

Hal ini agar membatasi ngengat.

6.) Jangan Terkena Sinar Matahari Terlalu Lama & Hindari Menyimpan Di Kardus.

Hal ini dapat menyebabkan kertas pada buku menguning.

7.) Jangan Mencampur Buku Yang Sudah Terkena Rayap dengan Buku Yang Masih 'sehat'.

Karena rayap dapat ''ditularkan'' ke buku-buku yang lain.

8.) Perlakukan Buku Tua / Langka Dengan Spesial.

Karena semakin tua usia buku, semakin rapuh juga buku tersebut. Kalian bisa melakukan nya dengan cara menyampuli dengan plastin bening yang lebih tebal.


OKAAAY BOOKWORMSS, ITU TADI ADALAH 8 TIPS MERAWAT BUKU AGAR LEBIH AWET, YEAY.


THANK YOUUU,

ALL THE LOVE,

SS.












Komentar

Posting Komentar

kritik dan saran yang membangun sangat diterima :)

Postingan populer dari blog ini

Original atau palsu?

Hello fellaaaas, welcome back to my blog! :) Untuk postingan kali ini, aku bakal nge bahas tentang perbedaan buku original yang asli atau palsu?, pasti bookworms semua gak mau kan salah beli buku? niat nya mau beli buku yang ori eh malah kebeli yang bajakan, kan sakiiit, makanya sekarang Bukubuku's blog  bakal nge bahas perbedaan-perbedaan nya :) -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 1.) Harga lebih murah daripada harga yang dijual di tokobuku. Biasa nya itu 1/2 harga dari harga yang asli, atau bahkan bisa lebih. Tapi enggak semua nya juga loh, ada beberapa penerbit yang melakukan diskon besar-besaran seperti itu. Tapi jika kalian menemukan ada buku dengan harga yang sangaaaat murah dipenjual-penjual yang tidak resmi, itu patut dicurigai 2.) Judul dan tulisan nama pengarang nya, dicetak timbul. Walaupun cover terlihat sama, tapi saat diraba pasti akan terasa tidak ada cetak timbul nya.

Review #4 The Chronicles of Narnia (C.S Lewis) SPOILER ALERT!

HIIIII BOOKWORRRMSSS! Welcome back to my blog~~~~  Di postingan kali ini, aku bakal nge- review  novel karya C.S Lewis (1898-1963), yaitu The Chronicles of Narnia  seri pertama nya. Gausah basa-basi karna gue bingung mau ngomong apa lagi, soooo langsung ke review nya ajaaa, wkwkwk. Cover novel Narnia Judul      : The Chronicles of Narnia ; The Lion, the witch and the wardrobe Tebal       : 230 hal. Penulis   : C.S Lewis Penerbit  : Gramedia    J adiii novel Narnia ini terdiri dari 7 series, dan yang bakal aku review kali ini adalah buku seri pertama nya (sesuai tahun terbit). Sebenernya sih udah agak lama nyeselesin buku ini, dan sekarang lagi lanjut baca seri Narnia yang berjudul The Silver Chair , cuma baru bikin review nya sekarang,hehehe. Oke aku bakal kasih ringkasan cerita nya kekalian dulu, okay?okay. Postingan ini penuh dengan spoiler, sekian. RINGKASAN CERITA Bermula pada tahun 1940 saat Perang Dunia II, empat bersauda